Tuesday, January 2, 2018

Tugas Sosiologi

Asslamuallaikum Wr.Wb Selamat Beraktifitas ,Semoga Pembaca yang budiman Dalam Keadaan yang Sehat dan selalu di lindungi Allah Swt ,Seperti Biasa bagi kalian yang sedang mencari Materi Sekolah atau Tugas Kuliah  Materi sudah kami sediakan dibawah ini silahkan kalian Sedot aja .



Identitas Buku Pengantar
“Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru”


Judul Buku                              : Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru
Penulis                                     : MuhibinSyah
Jumlah Halaman Buku            : 267 Halaman
Tahun Terbit                            :  2008

            Pendidikan adalah mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pendidikan diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Dalam hal ini, diperlukan adanya pendidik yang profesional yakni guru dan dosen.

            Pengetahuan yang perlu dikuasai oleh guru atau calon guru adalah pengetahuan psikologi dengan pendekatan baru yang erat kaitannya dengan proes belajar dan mengajar dalam suasana zaman berbeda dan penuh tantangan seperti sekarang ini.

            Buku ini ditulis oleh Muhibbin Syah, adapun latar belakang buku ini digunakan sebagai bentuk kepedulian yang dari penulis untuk memberikan kontribusi yang berarti dalam memantapkan  kualitas kompetensi calon guru dan guru profesional pada saat sekarang ini. Penulis membagi buku ini kedalam dua bagian utama, yaitu hal belajar dan mengajar dengan berbagai pendekatan literatur.




Dari hal belajar dan mengajar dibagi kedalam beberapa bagian. Bagian pertama tentang pikologi, pendidikan, dan pegajaran. Bagian merefleksi tentang belajar dan mengajar dimana Syah mengungkapan hasil risetnya mengenai objek dan kajian berupa siswa terutama dalam hal belajar, mengajar dan belajar-mengajar. Syah menegaskan bahwa prinsip, konsep, dan metode psikologi pendidikan merupakan landasan berpikir dan bertindak bagi guru dalam mengelola proses belajar mengajar yang selaras dengan keadaan dan kebutuhan siswa.

Bagian kedua mengulas batasan perkembangan manusia yang meliputi dimensi ( cakupan dan ukuran ) rohaniah dan jasmaniah. Kemudian juga tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan. Perkembangan pada asasnya ialah tahapan perubahan psiko-fisik manusia yang progresif sejak lahir hingga akhir hayat. Kemudian dalam perkembangan tersebut tentu saja ada faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti :

1.      Aliran nativisme adalah sebuah doktrin filosofis yang berpengaruh besar terhadap aliran pemikiran psikologis
2.      Aliran empirisme adalah kebalikan dari aliran nativisme
3.      Aliran konvergensi merupakan gabungan antara aliran empirisme dengan aliran nativisme.

Arti penting perkembangan kognitif siswa ialah :
1.      Untuk mengembangkan kecakapan kognitif
2.      Mengembangkan kecakapan psikomotor
Syah juga menegaskan bahwa proses  perkembangan moral menurut teori Kohlberg meliputi tiga tingkatan :
1.      Moralitas prakonvensional
2.      Moralitas konvensional
3.      Moralitas pascakonvensional.
Bagian ketiga dari buku ini mengulas tentang belajar pada asasnya ialah: tahapan perubahan perilaku siswa yang relatif positif dan menetap sebagai hasil interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif. menurut aliran behaviorisme, setiap siswa lahir tanpa warisan / pembawaan apa-apa dari orang tuanya, dan belajar adalah kegiatan refleks-refleks jasmani terhadap stimulus yang ada (S-R theory) serta tidak ada hubunganya dengan bakat dan kecerdasan atau warisan / pembawaan.

Kemudian syah juga menegaskan bahwa menurut aliran kognitif,setiap siswa lahir dengan bakat dan kemampuan mental yang menjadi basis kegiatan belajar. Faktor  bawaan ini memungkinkan siswa untuk menentukan merespons atau tidak terhadap stimulus, sehingga belajar tidak bersifat otomatis seperti robot.

Fase belajar menurut Bruner, meliputi:
1.      Informasi (penerimaan materi )
2.      Transformasi ( pengubahan materi dalam memori )
3.      Evaluasi ( penilaian penguasaan materi ).

Bagian keempat akan berbicara masalah kerakteristik, manifestasi dan pendekatan belajar, jenis-jenis belajar dan hal-hal yang dapat mempengaruhi belajar siswa. Ciri khas perubahan dalam belajar meliputi perubahan-perubahan yang bersifat :

1.      Intensional ( disengaja )
2.      Positif dan aktif ( bermanfaat dan atas  hasil usaha sendiri )
3.      Efektif dan Fungsional ( berpengaruh dan mendorong timbulnya perubahan baru )




Pada bagian ini penulis menegaskan bahwa efisiensi belajar ialah konsep yang mencermikan perbandingan terbaik antara usaha belajar dan hasil belajar. Jadi, ada belajar yang efesien ditinjau dar i sudut usaha dan ada pula yang efesien ditinjau dari sudut hasil.

Dalam hal belajar tentu saja ada faktor-faktor yang mempengaruhinya meliputi :
1.      Faktor internal  ( dari dalam diri siswa )
2.      Faktor eksternal (dari  luar diri siswa )
3.      Faktor pendekatan belajar siswa.

Pendekatan belajar dapat dibagi menjadi tiga macam tingkatan, yaitu :
1.      Pendekatan tinggi (speculative dan achieving)
2.      Pendekatan sedang ( analytical dan deep )
3.      Pendekatan rendah ( reprudctive dan surface )

Bagian kelima, pada bagian ini akan diuraikan beberapa hal yang berhubungan dengan prestasi atau kinerja akademik ( academic  performance ) dan batas minimal prestasi belajar siswa. Berbicara masalah prestasi tentu berkaitan dengan evaluasi. Evaluasi disini adalah penilaian terhadap keberhasilan siswa, yang bertujuan antara lain untuk mengetahui tingkat kemajuan yang telah dicapai siswa, dan berpungsi antara lain untuk menentukan posisi siswa dalam kelompoknya.

Dijelaskan juga bahwa kesulitan belajar dapat diketahui kinerja akademik dan munculnya misbehavior siswa, baik yang berkapasitas tinggi maupun yang berkapasitas rendah, karena faktor intern siswa dan ekstern siswa.



Bagian keenam, akan diuraikan tentang hal mengajar. Mengajar pada asasnya adalah kegiatan mengembangkan seluruh potensi ranah psikologis melalui penataan lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkannya kepada siswa agar terjadi proses belajar. Pandangan mengajar sebagai ilmu yang hanya menekankan pada pentingnya penguasaan guru atas pelbagai pengetahuan, sedangkan pandangan mengajar sebagai seni menganggap bakat keguruan lebih penting dari pada pengetahuan.

Pada bagian akhir buku ini, penulis mengajak pembaca memahami interaksi intruksional antara guru dengan siswa, isilah proses mengajar belajar  (PMB) dipandang lebih tepat dari pada proses belajar mengajar (PBM). Alasannya, karena dalam “proses” ini hampir selalu lebih dahulu aktif adalah guru (mengajar) lalu diikuti oleh aktivitas siswa (siswa) bukan sebaliknya.

Penulis juga menegaskan hal lain, yang perlu dimiliki guru adalah kompetensi dan profesionalisme keguruan yang sampai batas tertentu sering terlupakan oleh para guru. Kompetensi guru adalah kemampuan dan wewenang guru dalam melaksanakan profesinya. Sedangkan profesionalisme berarti kualitas dan perilaku yang menjadi ciri khas guru professional. Jadi, guru yang profesional adalah guru yang kompeten dan melaksanakan tugas mengajar sebagai satu-satunya profesi utama yang wajib dilaksanakan.

Selain memaparkan konsep dan teori-teori belajar, mengajar, buku ini juga disertai lampiran yang berisi daftar model, tabel, dan indeks. Dengan lamiran ini embaca diharapkan dapat langsung memahami dan mempraktekkan cara belajar dan mengajar dengan pendekatan teori psikologi pendidikan.




Salah satu  kritikan untuk buku ini, embaca tidak menemukan daftar kata-kata istilah yang membantu menjelaskan konsep-konsep yang akan diuraikan. Hal ini berpotensi membuat pembaca jadi bingung. Selain itu juga, pembaca tidak menemukan satupun ilustrasi / gambar yang membantu mendeskripsikan konsep yang akan diuraikan berkenaan dengan hal belajar mengajar.

Namun, Syah memiliki pertimbangan lain menganggap semua pembaca dapat memahami secara keseluruhan konten buku tanpa memperhatikan level-level kemampuan yang membaca buku tersebut. 



Semoga Materi di atas bermanfaat bagi semua ,sekian dari saya Wassalammualaikum Wr.Wb 

No comments: