Friday, January 12, 2018

TUGAS SMK "Pembahasan Ayat-ayat Al-Quran tentang Pengembangan Iptek"



 Assalamualaikum Wr.Wb
Sore Sobat Blogger Bagi kalaian yang sedang mengerhakan Tugas Sekolah Tentang Ayat-ayat Al-Quran "Pengembangan Iptek" dibawah ini sudah saya sediakan ,Ulasan dibawah ini diambil dari Buku Pelajaran Smk BAB VII .

Pembahasan
Ayat-ayat Al-Quran tentang Pengembangan Iptek

A.    Surah Yunus/10:101
Al-Quran mengajak manusia untuk berpikir dan memperhatikan ciptaan-ciptaan Allah ,seperti kejadian alam yang ada di langit untuk perenungan manusia sehingga dapat melahirkan manusia yang ahli atau profesional . Alah Swt memerintahkan kepada umat manusia agar mempergunakan akalnya untuk memikirkan ayat-ayat Allah Swt.
1.         Bacaan Surah Yunus/10:101
 
Artinya : katakanlah “ perhatikanlah apa yang ada dilangit dan di bumi “ tidaklah bermanfaat tanda-tanda (kebesaran Allah) dan rasul-rasul yang memberikan peringatan bagi orang-orang yang beriman “(Q.S.Yunus/10:101)
2.         Arti kata-kata atau Mufradat

Kata

Arti

Kata

Arti


Katakanlah


Tidak berguna


Perhatikanlah


Tanda-tanda


Apa yang ada


Pemberi peringantan


Di langit


Dari kaum/orang-orang


Bumi



Orang yang tidak beriman

3.         Tajwid
Kata
Uraian
Hukum
Uraian


Allif lam bertemu dengan huruf sin
Alif lam syamsiah
Alif lam tidak dibaca


Alif lam sukun bertemu bertemu alif
Alif lam qamariah
Alif lam dibaca jelas


Nun sukun bertemu huruf qaf
ikhfa
Cara membacanya samar-samar


Tanwin bertemu lam alif
Idgam bilagunnah
Lebur kedalam bacaan huruf sesudahnya tanpa dengaung


Mad sebelum huruf yang diwaqafkan
Mad arid lisssukun
Diperpanjang 2-6 harakat


4.         Kandungan ayat
Surah Yunus tegolng surah makiyah kecuali ayat 40 dan 94-95, kandungan ayat-ayat ini adalah :
a.       Manusia diperintahkan dan merenungi ciptaan Allah Swt.
b.      Biar percaya adanya pencipta alam.

5.         Pengembangan Iptek Sesuai Surah Yunus/10:101
Pada ayat 101 ayat Yunus Allah Swt memerintahkan kepada Rasul-rasulnya agar menyeru kaumnya agar memperhatikan kejadian di langit dan di bumi  untuk pengembangan IPTEK mhal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :
a.       Dengan danya bintang dan planet dan segala isinya , manusia telah menciptakan teropong bintang  yang disebut teleskhop.
b.      Untuk melakukan penelitian ruang angkasa manusia menciptakan pesawatulak alik


B.     Surah Al-Baqarah/2:164
Bertafakur adalah berpikir tentang hikmah melalui tanda-tanda atay ayat-ayat mengenai keesaan dan kebesaran Allah Swt yang ada di alam semesta . kita harus banyak-banyak bersyukur disertai menjalankanperintahnya , dan berakticitas yang bermanfaat  untuk diri sendiri,keluarga,bangsa dan tanah air dimulai sejak bangun tidur hingga tidur kembali seusai (Q.S.Ali Imran/3:190-191,Ibrahim/14:32-34 dan an-naml/27:60-65).
1.         Bacaan Surah Al-Baqarah/2-164

Artinya : . Sesungguhnya pada penciptaan  langit dan bumi; dan (pada) pertukaran malam dan siang; dan (pada) kapal-kapal Yang belayar di laut Dengan membawa benda-benda Yang bermanfaat kepada manusia; demikian juga (pada) air hujan Yang Allah turunkan dari langit lalu Allah hidupkan dengannya tumbuh-tumbuhan di bumi sesudah matinya, serta ia biakkan padanya dari berbagai-bagai jenis binatang; demikian juga (pada) peredaran angin dan awan Yang tunduk (kepada Kuasa Allah) terapung-apung di antara langit Dengan bumi; Sesungguhnya (pada semuanya itu) ada tanda-tanda (yang membuktikan keesaan Allah kekuasaanNya, kebijaksanaanNya, dan keluasan rahmatNya) bagi kaum Yang (mahu) menggunakan akal fikiran.


2.         Arti kata-kata atau Mufradat
Kata
Arti
Kata
Arti

Sesungguhnya pada

Di laut

Kejadian/penciptaan

Dengan apa

Lamgit

Memberi manfaat

Bumi

Manusia

Pergantian

Apa yang diturunkan

Malam

Allah

Siang

Dari langit

Bahtera

Air


Yang berlayarmatinya

Maka (dia) menghidupkan

matinya

Angin

Dan sebarkan

Dikendalikan antara

Di dalamnya

Awan


Dari segala

Sungguh tanda-tanda (kekuasaan Allah)

Hewan

Bagi kaum

Perkisaran

Berakal(memikirkan)

3.         Tajwid
Kata
Uraian
Hukum
Keterangan

Alif lam sebelum huruf sin
Alif lam syamsiah
Alif lam lebur kedalam sin

Alif lam sukun sebelum huruf alif
Alif lam qamariah
Alaif lam dibaca jelas

Huruf jim berada ditengah
Qalqalah sugra
Dibaca dengan dipantulkan sedikit

Huruf nun sukun  bertemu mim
Idgam bigunnah
Nun lebur ke dalam mim dengan dengung

Tamwin bertemu huruf lam
Idgam bilagunah
Tanwin lebur kedalam lam tanpa bedengung

4.         Kandungan Ayat
Ayat 164 dalam surah Al-Baqarah/2 memiliki asbabun nuzul dalam beberapa sumber di antaranya sebagai berikut.
a.       Diriwayatkan oleh Sa’id bin mansyur , Al-Faryabi,dan Al-Baihaqi yang bersumber dari Abu Ad-Duha bahwa ketika turun surah Al-Baqarah/2:163 ,kaum musryk kaget dan bertanya-tanya “Apakah benar Tuhan itu tunggal? Jika benar demikian, berikanlah kepada kami bukti-buktinya.” Maka turunlah ayat berikutnya (al-Baqarah: 164) yang menegaskan adanya bukti-bukti Kemahaesaan Tuhan.
b.      Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dan Ibnu Marduwaih yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas. Sanadnya baik dan mushul. Bahwa kaum Quraisy berkata kepada Nabi Muhammad saw.: “Berdoalah kepada Allah agar Ia menjadikan bukit Shafa ini emas, sehingga kita dapat memperkuat diri melawan musuh.” Maka Allah menurunkan wahyu kepada beliau (al-Maa-idah: 115) untuk menyanggupi permintaan mereka dengan syarat apabila mereka kufur setelah dipenuhi permintaan mereka, Allah akan memberi siksaan yang belum pernah diberikan kepada yang lain di alam ini. Maka bersabdalah Nabi saw.: “Wahai Rabb-ku, biarkanlah aku dengan kaumku. Aku akan mendakwahi mereka sehari demi sehari.” Maka turunlah ayat tersebut di atas (al-Baqarah: 164). Dengan turunnya ayat tersebut, Allah menjelaskan mengapa mereka meminta Bukit Shafa dijadikan emas, padahal mereka mengetahui banyak ayat-ayat (tanda-tanda) yang luar biasa.
Kandungan Surah Al-Baqarah/2: 164 Antara lain sebagai berikut :
a.       Penciptaan langit dan bumi
Dan segala apa yang ada di dalam bumi termasuk tanda-tanda kebesaran Allah swt. Sedangkan langit terdiri dari benda-benda angkasa seperti bulan, bintang, matahari, planet, dan lain sebagainya. Semua yang ada di langit tersebut bergerak (beredar) dengan garis edarnya masing-masing dan beredarnya sangat sistematis dan teratur. MasyaAllah.. Sungguh Maha Besar Allah dengan segala yang diciptakan-Nya.
b.      Merenungkan Hujan, Angin dan Awan
Yang mana dengan adanya hujan tersebut, tumbuhan-tumbuhan dapat hidup dengan subur dan hewan-hewan pun dapat memakan rerumputan yang subur. Manusia pun juga merasakan nikmatnya turunnya hujan.
c.       Merenungkan aneka binatang yang diciptakan Allah
Allah swt menciptakan binatang-binatang yang bermanfaat untuk manusia, sebagai sumber makanan ataupun sebagai alat transportasi dalam berperang seperti kuda dan unta. Dan itu terdapat tanda-tanda kebesaran Allah swt.
d.      Merenungkan Pergantian Malam dan Siang
Bumi berevolusi mengelilingi matahari, disamping itu bumi juga mengalami rotasi atau berputar pada porosnya. Sehingga terjadilah siang dan malam.


.
5.         Pengembangan Iptek Sesuai Surah Al-Baqarah/2:164
Allah Swt menciptakan langit dan bumi hanyalah untuk mencukupi kebutuhan manusia ,sudah seharusnya kita mensyukuri dan merenungi segala yang terjadi dialam ini.
a.       Langit denganplanet dan bintang-bintangnya yang semua berjalan dan bergerak menurut tata tertib dan aturan ilahi
b.      Bumi yang dihuni manusia dan apa yang tersimpan didalamnya tidak akan pernah habis baik didarat maupun dilaut
c.       Pertukaran malam dan siang dan perbedaan panjanng dan pendeknya pada beberapa negeri karena perbedaan letaknya, kesemuanya itu membawa faedah dan manfaat yang amat besar bagi manusia
d.      Bahtera berlayar dilautan untuk membawa manusia dari satu negeri ke negeri yang lain dan untuk membawa barang-barang perniagaan untuk memajukan perekonomian
e.       Allah SWT menurunkan hujan dari langit sehingga dengan air hujan itu bumi yang telah mati atau lekang dapat menjadi hidup dan subur, dan segala macam hewan dapat pula melangsungkan hidupnya

C.     Penerapan Perilaku
Dari penjelasan diatas yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari antara lain:
1.         Mengingat Allah Swt setiap saat (Q.S.Ali Imran/3:190-191,An-Nisa/4:103 dan Al-Hijr/15:98-99)
2.         Selalu menggunakan akal
3.         Berpikir positif
4.         Yakin bahwa Allah mengatur hidup dan kesejahteraan manusia
5.         Suka berbuat baik untuk sesama
6.         Mencari ilmu pengetahuan dengan selalu belajar sunguh-sungguh .
 
Demikan Postingan saya kali ini semoga bermanfaat buat sobat semua , Wassalamualaikum Wr.Wb

No comments: